One Piece atau Naruto? Serial Terbaik di Dunia



Assalamualaikum teman2, berbicara tentang serial manga dan anime terbaik pasti pandangan kita tertuju pada One Piece dan Naruto. Tidak hanya di Indonesia melainkan di seluruh dunia. Di Jepang sendiri dua serial ini juga menjadi serial yang paling diminati. Dua serial ini seolah-olah sudah menjadi rival abadi bagaikan ronaldo dan messi atau nike dan adidas. Sering terjadi perdebatan antara dua serial ini perihal mana yang terbaik. Antara fans Naruto dan fans One Piece pasti mempertahanan pedapat masing-masing ketika berdebat. Kalau menurut admin sih hal seperti itu tidak usah dipikirkan karena kita hanya sebagai penikmat dan apresiator. Sebagai apresiator sendiri juga tidak harus membanding-bandingkan yang terbaik antara One Piece dan Naruto hingga menimbulkan perdebatan bahkan permusuhan.

Menurut admin sendiri jika kita mengagumi sebuah karya jangan meremehkan karya yang lain. Toh masing-masing serial memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing jadi tidak bisa hanya sekedar menyatakan serial yang terbaik. Kalau fans Naruto dan fans One Piece saling bertengkar gara-gara perdebatan ini mungkin akan malu sendiri. Eichrio Oda-sensei dan Masashi Kishimoto-sensei adalah rival sekaligus teman yang baik. Penciptanya saja berteman baik, fansnya kok musuhan. Bahkan pertemanan mereka dituangkan dalam karya mereka. Ketika serial Naruto tamat Oda-sensei membuatkan sebuah cover dalam serial One Piece yang ditujukan untuk Kishimoto-sensei. Kemudian Kishimoto-sensei membalas Oda-sensei dengan cara yang sama sebagai wujud terimakasih.



Cover Manga One Piece dan Naruto


Kalau disuruh milih One Piece dan Naruto, admin lebih suka One Piece (maaf untuk fans berat Naruto) karena Naruto sudah tamat. Namun saya tidak mengatakan bahwa membenci Naruto karena saya juga fans Naruto dan juga mengikuti serialnya. Saya menyukai kedua serial anime ini, baik One Piece maupun Naruto. Saya lebih suka One Piece karena saya sendiri suka anime petualangan. Saya juga tidak bisa mengatakan bahwa One Piece dalah yang terbaik karena Naruto dan One Piece tentu punya daya tarik dan kekurangan masing2.



Menurut saya Naruto sendiri lebih baik dalam menyajikan scene pertarungan epic dengan chara (karakter) yang cerdas dengan kekuatan yang keren. Dalam scene pertarungan di serial Naruto saya sangat suka ketika chara yang lebih lemah mampu mendesak bahkan mengalahkan chara yang lebih kuat dengan strategi yang cerdas yang sulit diduga. Sedangkan di pada One Piece sendiri lebih pada adu kekuatan masing-masing chara. Namun terkadang ada yang mengganggu yaitu pada scene pertempuran Naruto yang mempengaruhi musuh yang jahat hingga mereka menyesal dan menjadi baik. Bahkan para pembuat gag di media maya menamai scene ini dengan ceramah no jutsu (haha). Yang menjadi kekurangan yang sangat terasa dalam serial anime Naruto yaitu alur cerita yang kemana-mana. Banyak sekali cerita tambahan yang terlalu lama terutama pada flashback. Namun cerita tambahan tersebut tetap bagus.



Kalau One Piece sendiri menurut saya lebih bagus pada segi cerita karena diselipkan misteri-misteri yang membuat kita bertanya-tanya dan kepo. Penggambaran chara Luffy (Chara Utama) juga sangat bagus. Cerita dalam One Piece tidak terpaku pada tujuan mendapatkan One Piece sehingga tidak membuat kita bosan. Hal yang membuat One Piece sangat menarik adalah cerita-cerita tersembunyi yang mengejutkan. Yang menjadi kekurangan One Piece adalah dunia fiksi yang terlalu berbeda dengan dunia nyata dengan chara yang abstrak berbeda pada Naruto yang walaupun juga fiksi namun tidak terlalu berbeda dengan dunia nyata sehingga kita tidak terlalu dipaksa berpikir. Chara di serial One Piece terlalu abstrak dan sulit untuk dinalar namun tertolong dari alur ceritanya yang menarik.

Kesimpulanya kedua serial ini sangat bagus dan tidak boleh dilewatkan. Kedua serial ini sama-sama mengajarkan tentang sebuah pertemanan. Kedua serial ini hampir mirip karena Oda-sensei dan Kishimoto-sensei sama-sama ngefans dengan serial Dragonball. Bahkan terlihat pada chara utama One Piece dan Naruto yaitu Luffy dan Naruto yang terlihat mirip dengan Goku (Chara utama Dragonball) yang kuat, rakus dan konyol. Kedua serial ini mengajarkan moral tentang pertemanan yag tentu saja sangat berkesan. Intinya kedua anime ini bagus dan kita tidak berhak mengatakan mana yang terbaik karena keduanya punya kelebihan dan kekurangan masing-masing.  Tugas kita hanya menikmati dan mengapresiasi kedua karya yang luar biasa ini.

Udah ah, mentok, mungkin itu saja penjelasan yang dapat saya paparkan. Dalam menulis artikel ini saya tidak bermaksud untuk menyinggung pihak manapun. Dan kalaupun ada yang merasa tersinggung saya mohon maaf sebesar-besarnya. Mohon maaf juga bila ada salah kata. Semoga bermanfaat. Wassalamualaikum...

Comments

Popular Posts